Rabu, 28 Oktober 2009

Gangguan Akibat Kekurangan Yodium

Gangguan Akibat Kekurangan Yodium

TERHADAP JANIN

Bila kekurangan satu unsur saja, misalnya yodium, maka proses tumbuh kembang janin menjadi terganggu. Produksi hormone tiroidpun akan terganggu, sehingga jumlahnya berkurang. Timbullah keadaan yang disebut hipotiroidisme. Kalau defisiensi yodium ini terjadi pada saat usia kehamilan memasuki bulan ke tujuh, maka janin bisa mengalami kekerdilan (kretinisme ). Kekurangan yodium pada wanita hamil kadang-kadang menyebabkan bayi meninggal dunia atau dilahirkan dengan kelambatan mental dan/atau tuli (krenitisme)

TERHADAP TNGKAT KECERDASAN

Hubungan antara iodium dengan tingkat kecerdasan adalah sebagai berikut, pada hormon tiroid intake iodium yang cukup dibutuhkan bagi fungsi tiroid yang normal. Tanpa intake iodium yang cukup, hormon tidak dapat disintesis. Kerja hormon tiroid dinyatakan sebagai pengatur pertumbuhan dan perkembangan, efek kalorigenik, efek kardiovaskular, efek metabolik, dan penghambatan sekresi tirotropin (Thyroid stimulating hormone/TSH) oleh pituitari (kelenjar di bawah otak).

TERHADAP TENGGOROKAN

Penyakit gondok, struma, adalah pembengkakan atau benjolan besar pada leher sebelah depan (pada tenggorokan) dan terjadi akibat pertumbuhan kelenjar gondok yang tidak normal.
Kebanyakan penyakit gondok disebabkan oleh kekurangan yodium dalam makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut